Skip to content

Install Selenium UI Flex Web Testing

October 10, 2009

Hi All

FlexUISelenium adalah suatu tool web test UI yang berbasis flex

disini gw bakalan ngasih caranya bwat set-up di Desktop kalian
step by step dalam installasi flexUI selenium adalah sebagai berikut

  • Download dan install Selenium RC
  • Download Selenium Flex API, dan masukan SeleniumFlexAPI.swc sebagai argument tambahan dalam building Flex app
  • Download FlashSelenium dan masukan ke dalam libary
  • Download FlexUISelenium dan masukan ke dalam libary
  • mulai coding test kalian

1. Download selenium RC..

baca thread blog gw tentang installasi selenium.. dan baca dan behaviour dari selenium itu sendiri dari website Selenium

2. Download selenium API

download aja disini http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=228427
masukan ke dalam libary kalian dan tambahkan argument tambahan untuk flex compiler
masuk ke dalam console

# cd <dir_main.mxml>
# mxml main.mxml –include-libaries ..\libs\SeleniumFlexAPI..swc

atau jika kalian memakai ant untuk build-nya masukin argument

<compiler.include-libraries dir=”${flex.lib.dir}” append=”true”>
<include name=”SeleniumFlexAPI.swc”/>
</compiler.include-libraries>

3. Download FlashSelenium

download disini -> http://code.google.com/p/flash-selenium/downloads/list
kemudian masukin flashselenium.jar ke dalam flex_lib build path kalian

4. Download FlexUISelenium

download disini http://code.google.com/p/flex-ui-selenium/downloads/list
masukan flex-ui-selenium.jar ke dalam flex_lib build path kalian

5. Add user-extension.js bwat patching si aksi2 selenium

Untuk aksi selenium seperti klik check box dan sebagainya semuanya ada di user-extention.js . file ini berada di dalam API yang didownload sebelumnya

bikin class yang extend ke selenium UI kemudian add command dari user-extension.js ke dalam class tersebut

public class CustomFlexUISelenium extends FlexUISelenium

{

public CustomFlexUISelenium(Selenium selenium, String flashObjectId)
{
super(selenium, flashObjectId);
}
public void doFlexRadioButton(String id, String value)
{
call(“doFlexRadioButton”, id, value);
}

}

6. Type some test case and running

tapi di gw masih ada masalah tentang recording bwat selenium RC. jadi untuk recordingnya saya harus manual abis. liat element2 yang ada dengan manual,

Advertisements

From → Misc.

2 Comments
  1. Hi kk,

    Tutorialnya bisa diperjelas gak, secara aq masih cupu gini. Link2nya mana kk? Screenshot2 juga bisa nambah value tutorialnya kk. Thx.

    • bayusuwarninghadi permalink

      terima kasih atas sarannya,. soalnya kemaren bikin tutornya udah ngantuk,.. iya ntar kalo sempet saya pasti bakalan update untuk thread ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: